Kita Kapan?

Sore itu sekitar bulan November 2016, saya pulang kantor menuju rumah. Perjalanan kantor ke rumah sejauh 30 km atau sekitar 1 jam 45 menit. Perjalanan yang sangat lama dan cukup membosankan.
Untuk mengatasi rasa bosan saya sering melakukan murojaah Al-Quran sambil mendengarkan mp3 lantunan suara merdu Muzammil Hasballah baik dari rumah ke kantor maupun sebaliknya. Sore itu saya murojaah surah Ar-Rahmaan. Yaa paling tidak dalam 1 jam 40 menit surah Ar- Rahmaan itu diulang minimal 15 kali.

Setelah kurang lebih 20 km atau di sekitar wilayah Bulak Kapal, Bekasi Timur, ada kecelakaan. Saya hentikan mp3 dan saya tepikan motor saya sambil mencari tau apa yang terjadi. Dan Subhanallah, ada sebuah motor masuk ke bawah bus Patas Mayasari Bakti. Dan Alhamdulillahnya tidak ada korban jiwa di kejadian tersebut. Masih bingung bagaimana bisa motor masuk kedalam kolong bis dan tidak ada korban jiwa. Biasanya kejadian seperti itu hampir pasti memakan korban. Kuasa Allah, Masya Allah.

Setelah tau tidak ada korban jiwa, maka saya putuskan untuk melanjutkan perjalanan ke rumah karena mengejar jamaah magribh di masjid dekat rumah. Saya setel kembali mp3 untuk melanjutkan ayat yang sebelumnya saya pause. Seketika saya terkejut, karena ayat yang berputar di telinga saya adalah ayat ke-26 surah Ar- Rahmaan

Capture

Tanpa saya sadar, pipi ini mulai basah. Hati ini tertampar bahwa kita semua akan kembali kepada-Nya. Mungkin hari ini kita selamat (dari bahaya), tapi esok, lusa atau bahkan nanti apakah kita akan selamat? WaAllahu Alam. Jadi ingat pesan dalam sebuah kultum sahur, “Kita tidak boleh takut akan mati, yang kita takuti adalah bawa apa ketika kita mati nanti?”

Lalu.. kita kapan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s